ANALISA KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN JASA TERMINAL ANGKUTAN UMUM MARDIKA AMBON

Authors

  • Penina Istia Politeknik Negeri Ambon
  • Nelda Maelissa Politeknik Negeri Ambon
  • Henriette Titaley Politeknik Negeri Ambon

DOI:

https://doi.org/10.31959/js.v8i1.80

Keywords:

Kepuasan konsumen, pelayanan jasa terminal angkutan umum mardika Ambon

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan sesuatu yang berpusat pada upaya pemenuhuan kebutuhan dan keinginan pelanggan”. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik di dalam suatu publik pemerintah akan menciptakan kepuasan bagi para konsumennya. pelayanan di terminal Mardika untuk pelayanan jasa transportasi masih belum teratur artinya belum sesuai yang diharapkan oleh pengguna jasa transportasi. Pengaturan kendaraan yang masuk dan keluar belum tertata rapi sehingga menimbulkan kemacetan dan keresahan dari masyarakat dalam hal ini pengguna jasa transportasi. Bahkan dapat dikatakan juga bahwa pelayanan akan transportasi terasa sempit bergerak disebakan oleh para pedang kaki lima yang sering berjualan dalam terminal mardika sehingga aktivitas kendaraan angkutan umum di dalam terminal mengalami kemacetan.

Metode analisa data yang digunakan dalam penulisan ini adalah analisa regresi bergada dangan pengujian statistik berupa uji Uji determinasi (R2) digunakan untuk mengetahui presentase pengaruh variabel pelayanan jasa terminal angkutan umum mardika secara serentak terhadap variabel kepuasan, uji koefisien regresi bersama (uji F) Uji ini digunakan untuk mengetahui variabel indenden (X1,X2,X3,....Xn) secara signifikan terhadap variable dependen (Y), dan Uji koefisien regresi secara parsial (Uji t) Uji ini digunakan untuk mengetahui model regresi variabel independen (X1,X2,X3,....Xn) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Y)

Hasil yang diperoleh dari analisa data adalah X10,217 atau sig < 0,05 signifikan, X2 0,727 atau sig < 0,05 signikan, X3 0,486 atau sig < 0,05, X4, X4 0,919 atau sig < 0,05, X5 0,051 atau sig < 0,05. Uji R2 (R square) sebesar 0,086 atau 86%., nilai F hitung sebesar 1,779 sedangakan F tabel menunjukan nilai sebesar 2,30 atau 1,779 > 2,30 maka dengan demikian dapat di katakan bahwa Ho di tolak, uji parsial nilai –t tabel < -t hitung yakni 1,989 < -1,242 dengan demikian Ho di terima. Uji koefisien variabel X2 Tingkat signifikan a = 5%, t hitung sebesar -0,351 dan t tabel sebesar 1,989 dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai variabel X2 = -0,351 > 1,989 maka di tolak.

Author Biographies

Penina Istia, Politeknik Negeri Ambon

Jurusan Teknik Sipil

Nelda Maelissa, Politeknik Negeri Ambon

Jurusan Teknik Sipil

Henriette Titaley, Politeknik Negeri Ambon

Jurusan Teknik Sipil

References

Arikunto, S., 2010, Prosedur Penelitian, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta

Angga Tridestiansa, 2009, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Transportasi Armada Perum DAMRI Unit Bus Kota (UBK) Semarang (Studi Kasus Penelitian pada Armada DAMRI Trayek Johar -Perumnas Banyumanik).Skripsi, Universitas Diponegoro.

Asep M.Ramdan, 2008, Hubungan Kualitas Jasa dan kepuasan Konsumen(Online), (http://asep-m-ramdan.blogspot.com, diakses 29 Juni 2013)

Desi Yolanda S, 2012,Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pos Express Pada PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Medan, Thesis, Program Magister Manajemen, Universitas Sumatera Utara.

Da di Murdadi, 2005, Pemanfaatan terminal angkutan umum regional terkait dengan kebijakan pengembangan wilayah kota pangkalpinang.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Indeks : Jakarta.

----------, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia : Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Salemba Empat. Jakarta.

Nanang Tasunar. 2006. ”Kualitas Layanan Sebagai Strategi Menciptakan Kepuasan pada Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Morodemak”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia

Philip Kotler Philip Dan Kevin Lane Keller.Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas,(Jakarta: Indeks, 2007).

Rangkuti, Freddy. 2002. Measuring Customer Satisfaction Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan dan Analisis Kasus PLN-JP. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Sri Suratno F.G. dan Nursya’ Bani Purnama. 2004. ”Analisis Tingkat Kepuasan Wajib Pajak Terhadap Kualitas Layanan Kantor Pelayanan Pajak Yogyakarta Dua”. Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen

Sukirno Sadono, Teori Pengantar Mikro Ekonomi, PT RajaGrafindo Persada. Jakarta, edisi 3 2005

Sedayau, Agung, 2013, Pemodelan PelayananTerminal Penumpang Transportasi Berbasis Kepuasaan Pengguna Jasa

Sedayu A, (2014) Target Peningkatan PelayananTerminal Purwosari Kediri dengan MetodeIPA dan QFD, Eco Rekayasa vol.10/No1/Maret 2014

Tjiptono, Fandy dan Anastasia Diana. 2003. Total Quality Manajemen. Edisi Revisi. Andy: Yogyakarta.

______. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Andi Ofset. Yogyakarta.

Umar, Husein. 1997. Study Kelayakan Bisnis. Edisi Ketiga. Gramedia Pustaka Utama : Jakarta

Wisnalmawati. 2005. Pengaruh Persepsi Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Niat Pembelian Ulang. Yogyakarta : Jurnal Ekonomi dan Bisnis No. 3. Jilid

http://cahtelaga.blogspot.co.id/2013/06/bauran-pemasaran-menurut-menurutkotler.html,Senin, 10 Juni 2012

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=158902&val=5913&title=Persepsi%20Penumpang JasaTransportas Angkutan Umum atas Kewajaran Harga

Published

2018-06-29

Issue

Section

Artikel