KAJIAN TINGKAT KEPUASAN DAN PENGEMBANGAN PRASARANA TRANSPORTASI LAUT DI KOTA TIDORE KEPULAUAN

Authors

  • Iswandi Muhammad Mahasiswa Magister Teknik Sipil Universitas Khairun Ternate
  • Sabar Sabaruddin
  • Raudha Hakim

DOI:

https://doi.org/10.31959/js.v11i2.857

Keywords:

Tidore, Pelabuhan, Customer Satisfaction Index, Importance Performance Analysis, Analytical Hierarchy Process.

Abstract

Kota Tidore Kepulauan yang mempunyai karakteristik kepulauan, dengan pelabuhan penyeberangan yang berada di pulau Tidore yang menjadi kewenangan pemerintah daerah belum sesuai standar pelayanan penumpang angkutan penyeberangan di pelabuhan. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap standar pelayanan penumpang transportasi laut di pulau Tidore dan menentukan prioritas pengembangan prasarana transportasi laut. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pengumpulan data primer dan sekunder. Teknik analisa data menggunakan metode Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian diperoleh nilai indeks kepuasan penumpang di pelabuhan Sarimalaha 53,70% dengan kriteria cukup puas, indeks kepuasan penumpang di pelabuhan Itokici 48,87% dengan kriteria kurang puas, indeks kepuasan penumpang di pelabuhan Rum 55,51% dengan kriteria cukup puas, indeks kepuasan penumpang di pelabuhan Gurabati 50,01% dengan kriteria cukup puas, dan prioritas pengembangan prasarana pelabuhan menggunakan tools aplikasi Expert Choice 11, dengan 4 kriteria yakni, tingkat aksebilitas, tingkat kepadatan, tingkat kerusakan dan pengembangan wilayah, yakni pelabuhan Rum, selanjutnya pelabuhan Itokici, pelabuhan Sarimalaha dan pelabuhan Gurabati.

References

Abdul Gaus, Chaerul Anwar, Sutrisno Putra P., 2017, Aplikasi Metode Importance Performance Analysis dalan Analisa Tingkat Pelayanan Mode Speedboat. Ternate. Fakultas Teknik Universitas Khairun, Ternate.

Agung Wiyono, Hilda Isfanofi, Ahmad Gimmy Pratama., 2016, Kajian Konsep Kebijakan Infrastruktur Strategis untuk Pengendali Banjir Jakarta (Studi Kasus Giant Sea Wall dan Multi Purpose Deep Tunnel). Jurnal Teknik Sipil, ISSN 0853-2982 Vol. 23 No. 1.

Amrul Alam, 2011, Analisis Prioritas Kebijakan Transportasi Kota Tangerang. Tesis. Fakultas Ekonomi, Program Magister Perencanaan dan Kebijakan Publik, Universitas Indonesia, Jakarta.

Aritonang Lerbin R., 2005, Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, Suharsimi., 1998, Prosuder Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bambang Triatmodjo, 2017, Pelabuhan, Cetakan ke-7, Beta Offset, Yogyakarta.

Badan Pusat Statistik Kota Tidore Kepulauan, 2020, Kota Tidore Dalam Angka.

Budiman Soamole, Benidiktus Susanto, 2013, Analisis Persepsi Penumpang Terhadap Kualitas Pelayanan Angkutan Laut di Pelabuhan Regional Sanana Kab. Kepulauan Sula, Prop. Maluku Utara. Jurnal Teknik Sipil, Vol 12 No. 3.

Brandt, 2000 dan Latu & Everett, 2000, Quadrant Analysis

Darmadi, Muhammad Zainul Arifin, Imma Widyawati Agustin., 2016, Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Kinerja Pelayanan Angkutan Penyembrangan Lintas Kariangau – Penajam Balikpapan. Fakultas Teknik, Jurusan Sipil, Universitas Brawijaya, Malang.

Fredrickson Haradongan, 2014, Analisis Tingkat Kepentingan Pemilihan Moda Transportasi Dengan Metode AHP (Studi Kasus: Rute Jakarta-Yogyakarta). Jurnal Penelitian Transportasi Darat, Vol 16 No. 4.

Hafit Irawan, I. Ismiyati, Bambang Pudjianto, 2016, Penentuan Skala Prioritas Penanganan Jalan Kabupaten di Kabupaten Kudus Dengan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Teknik, p-ISSN 0852-1697, e-ISSN: 2460-9919.

Henny Pratiwi Adi, 2008, Penentuan Prioritas Pembangunan Pelabuhan di Kabupaten Mukomuko dengan Metode Analytical Hierarchy Process. Jurnal Media Komunikasi Teknik Sipil.

Irawan, Handi, 2003, 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Jinca, M. Yamin, 2011, Transportasi Laut Indonesia Analisis Sistem & Studi Kasus. Jakarta: Brilian Internasional.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong, 2002, Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta.

Mardani, Chaerul Anwar, Mufti Amir Sultan, 2013, Model Probabilitas Pemilhan Moda Kapal Very dan Speed Boat Rute Ternate – Tidore. Jurnal Sipilsains, Vol. 3 No.6.

Mufti Amir Sultan, Nurmaiyasa Marsaoly, M. Taufiq Yuda Saputra, Andi Arifah Pasri., 2013, Kajian Tingkat Kepuasan Pengguna Infrastruktur Trasnportasi Di Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Sipilsains, Vol 3 No.5

Rani Irma Handayani., 2015, Pemanfaatan Aplikasi Expert Choice Sebagai Alat Bantu Dalam Pengambilan Keputusan (Studi Kasus: PT. BIT Teknologi Nusantara). Jurnal Pilar Nusa Mandiri Volume XI, No.1.

Saaty, Thomas L., 2008, Decision Making With Analytical Hierarchy Process. International jounal service science. Vol. 1 No 1, page 83-98.

Saverio Fransisco Manik, 2016, Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Menentukan Pemilihan Moda Transportasi Di Kota Medan. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Sunyoto, Danan., 2014, Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Cetakan ke-2. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Zulyaden, 2016, Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Terminal di Kota Semarang (Studi Kasus Terminal Terboyo Semarang). Tesis, Program Magister, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Jurusan Teknik Sipil, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Published

2022-01-25

Issue

Section

Artikel