ANALISIS KAPASITAS CONTAINER YARD TERMINAL MULTIPURPOSE PELABUHAN DARUBA MOROTAI
DOI:
https://doi.org/10.31959/js.v12i1.876Keywords:
container yard, YOR, BOR,Abstract
Pelabuhan merupakan prasarana utama dalam sistem transportasi laut. Morotai adalah salah satu Kabupaten yang cukup strategis dalam mengembang misi Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Seiring bertambahnya kapal, dan potensi pengiriman dan penerimaan barang melalui container di Pelabuhan Daruba diperlukan sebuah evaluasi utuk mengetahui kapasitas container yard Kinerja peralatan bongkar muat yang melayani container. Container yang digunakan pada pelabuhan Daruba ada dua jenis yaitu General Purpose dan Thermal Container (Reefer Container) untuk ukuran Container yang digunakan 20 kaki. Terminal pelabuhan Daruba merupakan pelabuhan multipurpose, luasan lapangan tumpukan/container yard yang digunaka sekarang = 3,500 m² serta sistem penanganan yang digunakan adalah forklif truck. Untuk kondisi eksisting lapangan tumpukan/container yard harus dioptimalkan agar tidak terjadi kongesti.Kinerja peralatan bongkar muat yang melayani peti kemas pelabuhan Daruba untuk sekarang masih bisa melayani namun untuk 10 tahun kedepan untuk peralatan yang ada sekrang tidak akan optimal karena alat yang digunakan sekarang hanya satu unit saja yang beroperasi. Data arus container pada pelabuhan Daruba tahun 2021 adalah T = 2500 TEUs, dwelling time D= 5 hari, untuk container yang ditumpuk dalam 2 susun mengunakan forklif = 30 luasan container yard adalah 1.370 m² Holding Capacity adalah 7.392 TEUs/Tahun. Kondisi lapangan penumpukan pelabuhan Daruba tergolong tinggi ditunjukan dengan angka YOR yang mencapai 34% di tahun 2021 dan 119% untuk periode prediksi sepuluh tahun ke depan.
References
Antara. 2020. “Kemenhub Umumkan Penghargaan untuk Pendukung Tol Laut”, tersedia di: https://www.antaranews.com/berita/1618598/kemenhub-umumkan-penghargaan-untuk-pendukung-tol-laut diakses pada tanggal 20 Mei 2021
Kemenhub RI. 2021. “Tol Laut dan Upaya Mendongkrak Perekonomian Indonesia Timur”tersedia di <http://dephub.go.id/post/read/tol-laut-dan-upaya-mendongkrak perekonomian-indonesia-timur> diakses pada tanggal 1 April 2021
Kompas. 2020. “Infrastruktur Tuntas Morotai Siap Jadi Pusat Logistik Indonesia Timur”. Tersedia di: https://properti.kompas.com/read/2020/02/24/073000421/infrastruktur-tuntas-morotai-siap-jadi-pusat-logistik-indonesia-timur?page=all diakses pada tanggal 1 April 2021
Laos Benny. 2021. Bahan Paparan: Kebijakan Tol Laut Kab. Pulau Morotai. Morotai: BAPPEDA-LITBANG
Media Indonesia. 2020. “Pelni Tambah Satu Kapal Tol Laut ke Morotai” tersedia di: https://mediaindonesia.com/ekonomi/354699/pelni-tambah-satu-kapal-tol-laut-ke-morotai diakses pada tanggal 20 Mei 2021
Somadi, dkk. 2020 “Pengukuran Kapasitas Containe Yard Menggunakan Occupancy Ratio dalam Upaya Optimalisasi Penggunaan Lapangan Penumpukan Kontainer di PT XYZ”. Jurnal Logistik Indonesia. Vol 4 No 1. Hal 01-11
Triatmodjo Bambang. 2009. Perencanaan Pelabuhan, Yogyakarta: Beta Offse
Triatmodjo Bambang, 2011. ”Analisis Kapasitas Pelayanan Terminal Peti Kemas Semarang’’
Ari Maulana Muhammad Sitomorang, Erick Buchari., 2015. ”Analisis Kapasitas Terminal Peti Kemas Pelabuhan Boom Baru Palembang’’
Aris Purnomo, Slamet Widodo, dan Komala Erwan. ”Analisis Kapasitas Terminal Peti Kemas Pelabuhan Pontianak”.
Artha Nugraha Jonar.,2016. ”Logistics Mangement Expert ”.
Abu Khusyairi, Endang Setyawati Hisyam., 2016. ”Analisis Kinerja Pelayanan Operasional Peti Kemas Di Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang”.
Aryandi Kukuh Septya, Widyastuti Hera., 2015. ”Analisis Kebutuhan Container Yard Terminal Multipurpose Teluk Lamongan”
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL SIMETRIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.