PROBLEMS FACED BY THE INTERMEDIATE LEVEL STUDENTS DURING ENGLISH SPEECH

Authors

  • Suparmi Suparmi Universitas Putra Indonesia YPTK Padang
  • Yelliza Yelliza Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Yuneva Yuneva Universitas Prof. Dr. Hazairin, SH

DOI:

https://doi.org/10.31959/jm.v11i1.1071

Abstract

Latarbelakang dari penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berbicara dalam berbahasa Inggris sebagian besar mahasiswa semester VI di jurusan Bahasa Inggris UPI YPTK Padang tahun ajaran 2021/2022. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menemukan faktor penyebab dan faktor dominan yang dihadapi oleh mahasiswa saat berpidato dalam bahasa Inggris. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Bahasa Inggris UPI YPTK Padang tahun ajaran 2021/2022 yang berjumlah 69 mahasiswa dengan menggunakan total sampling. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif (mix-method) dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen untuk mengumpulkan data. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (64,6%) mahasiswa memberikan tanggapan negatif terhadap angket yang diberikan. Ini berarti bahwa rata-rata mahasiswa bahasa Inggris menghadapi masalah dalam pidato bahasa Inggris seperti yang disebutkan dalam kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang dihadapi mahasiswa semester VI adalah kecemasan (69,2%), harga diri (64,8%), dan motivasi (59,8%). Faktor dominan yang dihadapi mahasiswa dalam pidato bahasa Inggris adalah kecemasan (69,2%). Dapat disimpulkan bahwa masalah yang paling banyak dihadapi oleh mahasiswa selama pidato bahasa Inggris adalah kecemasan.

Downloads

Published

2022-07-28

Issue

Section

Articles