KAJIAN MOST DALAM OPERASIONAL PRAKTIKUM PNEUMATIK HIDROLIK DI PROGRAM STUDI D-3 TEKNIK MESIN POLNAM
DOI:
https://doi.org/10.31959/js.v12i2.1291Abstract
Proses pembelajaran secara interaktif di perguruan tinggi, senantiasa melibatkan dosen dan mahasiswa, berdasarkan beberapa metode pengajaran. Tujuannya guna pengembangan sikap, pengetahuan, keterampilan serta pengalaman otentik, yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Salah satu penerapannya pada Program Studi D-3 Teknik Mesin, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Ambon. Dalam aplikatifnya yang berbasiskan pada ilmu terapan, pembelajaran mata kuliah praktek Pneumatik Hidrolik efektifnya berlangsung dalam realisasi perkuliahan selama 16 minggu, yang dikategorikan secara sistem blok. Penelitian ini bertujuan menghitung hasil capaian waktu kerja praktikum mahasiswa dalam kondisi kerja normal sesuai alokasi ketersediaan waktu praktikum pada kurikulum, sehingga memiliki nilai kebermanfaatan yang dapat dituang dalam bentuk rekomendasi berupa optimalisasi besaran sks yang dapat diperuntukkan untuk proses pembelajarannya. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan mengaplikasikan pengukuran waktu kerja tidak langsung yakni metode Maynard Operation Sequence Techniques (MOST) dengan standar penilaian performa kerja mahasiswa berdasarkan sistem Westinghouse. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan pengukuran waktu kerja praktek mahasiswa mengidentifikasikan capaian waktu normal = 3,9 jam dengan waktu standar ( ) = 4.8 jam/mahasiswa, dimana optimalisasi jumlah mahasiswa yang terlayani maksimum 19 orang dengan capaian besaran sks yang diperlukan per semesternya hanya 0,75 ≈ 1 sks.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Jacobis, Nanse Henny Pattiasina, ST., MT, Josgianto Bonara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.