RANCANG BANGUN APLIKASI VIDEO GAME FIRST PERSON SHOOTER MENGGUNAKAN ENGINE UNITY

Authors

  • Eka Adhitya Dharmawan State Polythecnic of Ambon
  • Joe Richie M. Roos

DOI:

https://doi.org/10.31959/js.v13i1.1506

Abstract

Video Game sebagai sebuah media telah menjadi hal yang besar dalam entertainment umum saat ini, dengan First-person Shooter sebagai salah satu genre paling populer untuk dimainkan saat ini. Sedangkan Perang Dunia Dua sebagai sebuah konflik ialah salah satu peperangan terbesar dalam sejarah manusia, adalah periode yang sangat populer bagi games untuk dijelajahi. Game ini didasari oleh periode tersebut, menampilkan kejadian perang di Ambon pada tahun 1942 yang pendek namun decisive melalui media sebuah game First-person Shooter. Game ini berjalan menggunakan Unity3D sebagai game engine. Sebuah game engine yang gratis dan gampang digunakan oleh masyarakat umum, Unity menyediakan pembelajaran yang gampang untuk membuat dan merancang sebuah game bagi siapa saja. Media Development life Cycle sendiri adalah metode penelitian yang akan digunakan untuk pengembangan game ini, dengan pengembangan ini terdiri atas 6 tahapan, seperti Konsep, Desain, Pengumpulan Material, Perakitan, Pengujian dan Distribusi. Perancangan game ini menghasilkan sebuah video game yang terbilang cukup immersive dengan lingkungannya, dengan pandangan first-person memberikan perspektif yang nyata tentang rasanya menjadi seorang tentara sekutu pada masa itu. Game ini menyenangkan namun juga menantang, game ini dapat dinikmati oleh remaja dan orang dewasa muda yang memiliki minat kepada video game, serta memberikan secara sekilas sebuah cerita tentang sesuatu yang terjadi di masa lalu.

Author Biography

Eka Adhitya Dharmawan, State Polythecnic of Ambon

Master Graduate of Informatic and Communication System

Downloads

Published

2023-07-12

Issue

Section

Artikel