PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG ANGKUTAN ONLINE DI KOTA TERNATE

Authors

  • Mufti Amir Sultan Program Studi Teknik Sipil Universitas Khairun
  • Nurmaiyasa Marsaoly Program Studi Teknik Sipil Universitas Khairun
  • M Irfan Kotta Program Studi Teknik Sipil Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31959/js.v10i2.542

Keywords:

transportasi online, gojek, ternate,

Abstract

PT. Gojek Indonesia merupakan sebuah perusahaan swasta penyedia jasa transportasi berbasis teknologi yang bermitra dengan pengendara ojek. Sistem manajemen dan operasional gojek adalah dengan memadukan teknologi modern startup. Gojek menggunakan handphone android dengan aplikasi dan GPS yang selalu aktif, ketika pelanggan memesan jasa melalui aplikasi gojek, dalam posisi radius 3 km, panggilan tersebut akan menggetarkan handphone driver yang tersambung sampai pada akhirnya pemesanan tersebut dipenuhi. Pada pertengahan 2019, transportasi berbasis online mendirikan satu cabang baru di Kota Ternate, yaitu gojek. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan direktur gojek yang berkedudukan di kelurahan Dufa-Dufa didapati hasil wawancara bahwa PT. Gojek di Kota Ternate memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan jasa transportasi berbasis online. Penelitian ini menggunakan metode survey deskriptif, metode penelitian yang mengambil sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuisioner sebagai alat pengumpulan data. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa : kemunculan transportasi berbasis aplikasi online di kota Ternate diterima masyarakat, telah memberikan dampak yang seginifikan bagi masyarakat dalam pemenuhan kebutuhanan transportasi yang praktis, aman, nyaman, murah dan transparan.

 

References

Agustin, A. and Khuzaini, K. 2017, Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Transportasi Online (Grab) Di Surabaya, Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 6(9), pp. 1–18. doi: 10.31842/jurnal-inobis.v2i1.60.

Anindhita, W., Arisanty, M. and Rahmawati, D. 2016. Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online (Studi pada Bisnis Gojek dan Grab Bike dalam Penggunaan Teknologi Komuniasi Tepat Guna untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi, in Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC, pp. 712–729.

Arjianto, A. 2018. Kajian Kinerjia Pelayanan Moda Transportasi Online Roda Dua Wilayah Layanan Kota Samarinda, Teknik Sipil dan Arsitektur, 1(1), pp. 542–552.

Perdana, F. R. and Lestari, U. S. 2018. Analisis Kinerjia Ojek Online Di Kota Banjarbaru, Jurnal Kacapuri, 1(2), pp. 102–114.

Riandiatmi, O. and Joewono, T. B. 2018. Persepsi Pengguna Terhadap Angkutan Online di Kota Bandung, Jurnal Transportasi, 18(3), pp. 153–160.

Saputra, Y. S. and Hati, S. W. 2017. Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Ojek Online (Wakjek) Di Kota Batam, Journal of Applied Business Administration, 1(1), pp. 96–121. doi: 10.30871/jaba.v1i1.1271.

Yunus, M. 2018. Go-Jek Sebagai Simbol Perubahan Sosial Dan Ekonomi Di Kota Tegal, EQUILIBRIA PENDIDIKAN : Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 2(2), pp. 59–68. doi: 10.26877/ep.v2i2.2133.

Zahida, Q. and Sulistiyoningrum, C. E. 2018. Analisis Penilaian Konsumen Terhadap Kinerja Layanan Transportasi Online Dalam Peningkatan Daya Saing Di Era Digital, in Seminar Nasional IENACO, pp. 274–281.

Published

2021-01-09

Issue

Section

Artikel