ANALISIS KERUSAKAN JALAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP UMUR RENCANA SERTA PENANGGULANGANNYA PADA JALAN HALULU KECAMATAN TEHORU MALUKU TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.31959/js.v12i2.840Keywords:
Bina Marga, AASTHO, Kerusakan Jalan, Umur rencanaAbstract
Ruas jalan Halulu Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, merupakan jalan yang berada ditengah – tengah kota. Jalan tersebut terletak di area pertokoan, yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar yang ada di kecamatan Tehoru.Sehingga kendaraan berat seperti truk sering melintasi daerah tersebut yang menyebabkan jalan mengalami kerusakan baik rusak ringan maupun rusak berat pada beberapa bagian jalan. Kerusakan disebabkan karena pengulangan beban, yang akan menyebabkan menurunya kualitas jalan sebagaimana indikatornya dapat diketahui dari kondisi permukaan jalan, baik kondisi struktural maupun fungsional yang mengalami kerusakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai kondisi jalan, sisa umur layan jalan, dan penanggunalangan yang tepat untuk memperbaiki kondisi tersebut. Metode yang digunakan adalah metode Bina Marga untuk menilai kondisi jalan, dan metode AASTHO untuk menganalisis sisa umur layan perkerasan jalan dengan membandingkan lalu lintas harian rata – rata pada tahun rencana yaitu 2017 dan tahun aktual yaitu 2020. Hasil penelitian menunjukan presentase kerusakan terhadap luas jalan adalah 53,250% sehingga perlu dimasukan kedalam program pemeliharaan berkala. Adapun umur rencana jalan pada tahun 2020 secara aktual adalah 66,23% maka berdasarkan hasil analisis data, pada tahun 2020 telah terjadi penurunan umur layan sebesar 9,23%. Adapu penanggulanagnyang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi ruas jalan adalah ditutupi dengan lapis ulang yang kaya asspal atau ditambal dengan material yang rapat air, tahan beban dan tidak menyusut.
References
AASTHO. 1993. Guide for Design of Pavement Structure. American Association of State Highway and Transportation Official. Washington DC
Anonim. 2006. Peraturan Pemerintah Nomor 34 Tahun 2006 Tentang Jalan. Sekertariat Negara Republik Indonesia, Jakarta
Austroads. 1987. Pavement Structural Design. Austroads. Sydney
Bina Marga. 1987. Perencanaan Tebal Perkerasan Jalan Raya dengan Metode Analisis Komponen. SKBI – 2.3.26.1987, DPU, Jakarta
Direktorat Pembinaan Jalan Kota. 1990. Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota. Direktorat Jenderal Bina Marga Departement PU. Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 2011. Tata Cara Pemeliharaan dan Penilikan Jalan. Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen PU. Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 2017. Panduan pemilihan Teknologi Pemeliharaan Prevenntif Perkerasan Jalan.
Hardiyatmo, Hary Christady. 2007. Pemeliharaan Jalan Raya. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.
http://eprints.ums.ac.id (di unduh 20-7-2020) Evaluasi Perkerasan Jalan Menurut Metode Bina Marga dan metode PCI (Pavement condition index) Serta Alternative Penanganannya.
https://ejournal.unsrat.ac.id (diunduh 20 – 7 2020) Analisis Pengaruh Beban Berlebih Terhadap Umur Rencana Jalan. Jurnal Sipil Statik Vol.7 No.3 Maret 2019.
https://media.neliti.com (diunduh 13 – 02 – 2021) Pengaruh Umur Rencana Jalan Terhadap Beban Lebih Dengan Metode AASTHO.
https://jurnal.uns.ac.id (diunduh 13 – 02 2021) Analisis Kondisi Fungsional Jalan Dengan Metode PSI dan RCI Serta Prediksi Sisa Umur Perkerasan Jalan. Jurnal Matriks Teknik Sipil. Maret 2018.
Sibima Konstruksi. (2018). Pemeliharaan Jalan (1 JP) Ahli Teknik Jalan Tahun 2018, Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Balai Penerapan Teknologi Konstrusi. Jakarta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 JURNAL SIMETRIK
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.