ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA STASIUN PENGISIAN BAHAN BAKAR UMUM STUDI KASUS PADA PENGISIAN SOLAR DI (SPBU) 84-983-02 JALAN ESAU SESA KABUPATEN MANOKWARI
DOI:
https://doi.org/10.31959/jm.v9i2.358Keywords:
Queue Theory, multiple path queue model (M/M/S), service optimizationAbstract
ABSRTAK
Penelitian ini berjudul Analisis Teori Antrian Pada Stasiun PengisianBahan Bakar Umum (SPBU) Esau Sesa Manokwari bertujuan untuk menganalisisjumlah jalur fasilitas yang optimal dan kinerja pelayanan pada tingkat optimal.Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan sumber data yang digunakanadalah data primer yaitu observasi dan wawancara. Metode analisis yangdigunakan adalah analisis teori antrian sesuai dengan model antrian yang di terapkan pada SPBU Esau Sesa Manokwari yaitu Model Antrian Jalur Bergandaartinya terdapat lebih dari satu jalur fasilitas dan hanya ada satu tahapanpelayanan yang harus dilalui oleh pelanggan untuk menyelesaikan pelayanan.
Hasil dari penelitian pada SPBU Esau Sesa Manokwari denganmenggunakan analisis teori antrian yaitu dengan perhitungan Model Antrian jalur berganda di peroleh antrian terpanjang dalam Sistem (Wq) 0,60 dan terpendek (Wq) 0,28. Dalam perhitungan kinerja sistem antrian pada penelitian masih optimal sesuai dengan standar layanan yang telah ditetapkan.
Kata Kunci : Teori Antrian, model antrian jalur berganda (M/M/S), pengoptimalan pelayanan.
Â
ABSTRACT
           This study entitled Analysis of Queuing Theory at Esau Sesa Manokwari Public Gas Station (SPBU) aims to analyze the optimal number of facilities and service performance at optimal levels. The type of data used is quantitative data and data sources used are primary data, namely observation and interviews. The analytical method used is queuing theory analysis in accordance with the queuing model applied to Esau Sesa Manokwari gas stations, namely the Multiple Line Queue Model, meaning that there are more than one facility line and there is only one service stage that the customer must complete to complete the service.
           The results of the study at the Esau Sesa Manokwari gas station using queuing theory analysis, namely the calculation of the Multiple Path Queue Model obtained the longest queue in the System (Wq) 0.60 and the shortest (Wq) 0.28. In calculating the performance of the queuing system in research is still optimal in accordance with predetermined service standards.
Keywords : Queue Theory, multiple path queue model (M/M/S), service optimization.
References
A.K.Erlang.2011. Sejarah Teori Antrian. Modul Manajemen Operasional.
D. Nurfitria, Nur’Eni dan I.T. Utami, 2016 Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Tadulako, Jalan Soekarno-Hatta Km.9 Palu 94118, Indonesia.
Dwi Dira Indriyani 2010. Pengoptimalan Pelayanan Nasabah Dengan menggunakan penerapan Teori Antrian.
Erin Juni Ferianto, Nur Insani, M. Sc. ,Retno Subekti, M. Sc. 2016 ,Program Studi Matematika, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negri Yogyakarta.
Google, 2018
Gross, D, & Harris, C.M. 1985. Fundamental of QueuningTheory . New York: John Wiley &Sons.
Heizer, Jay dan Barry Render. 2006. Operation Management. Terjemahan oleh Dwianoegrawati Setyoningsih dan Indra Almahdy. Edisi 7. Buku I.Jakarta: Salemba Empat.
Heizer, Jay dan Barry Render. 2009. Operation Management. Terjemahan olehDwianoegrawati Setyoningsih dan Indra Almahdy. Edisi 7. Buku I.Jakarta: Salemba Empat.
Iwan Nauli Daulay, 2014 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Riau, Kampus Bina Widya Km 12,5 Simpang Baru, Pekanbaru.
John D. Millet (2012) Buku Management In the public service.
Kakiav, T.J., 2004, Dasar Teori Antrian untuk Kehidupan Nyata, Andi, Yogyakarta.
Ma’arif dan Tanjung. 2003. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi 119. Jakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Jakarta.
Nasution, Nur. M. 2004. Manajemen Jasa Terpadu. Bogor. Ghalia Indonesia.
Sari Sekar Novela, 2013 Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Jember Indonesia.
Prof.Dr.Nana Syaodih S. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Edisi 5. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Subagyo, P. Dkk., 2000, Dasar-dasar Operation Research, BPFE, Yogyakarta.
Sugiyono, 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatifdan R dan D. Bandung:CV. Alfabeta.
T.Hani Handoko. 2000. Manajemen. Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFEYogyakarta.
Taha, H. 2007. Operations Research. Jakarta: Erlangga.
Tampubolon, Manahan P. 2004. Manajemen Operasional. Jakarta: PT. GhaliaIndonesia.
Taufik, Rustam. 2012. Analisis Penerapan Sistem Antrian Model M/M/S
Tjiptono. F. 2006. Pemasaran Jasa. Edisi Pertama. Cetakan Kedua, Bayumedia Publirin, Jawa Timur.
Wikipedia Bahasa Indonesia.
Yudha, Eva Kharisma. 2011. Penerapan Teori Antrian Pada Sistem Pembayarandi TELISA Jl. PB. Sudirman Jember. Skripsi. Jember: Universitas Jember.








