PENGARUH FIRM SIZE, SALES GROWTH, DAN RETURN ON EQUITY TERHADAP FIRM VALUE PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Authors

  • Aida Febriyanti Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Erna Sulistyowati Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.31959/jm.v10i1.661

Keywords:

firm size, sales growth, return on equity,

Abstract

Perusahaan didirikan dengan tujuan untuk menghasilkan keuntungan yang sebanyak-banyaknya. Hal ini bisa terwujud jika perusahaan terus melakukan inovasi agar bisnisnya mengalami pertumbuhan dan meningkatkan daya saingnya. Apabila perusahaan memperoleh laba yang maksimal maka firm value akan mengalami peningkatan. Bagi pemilik bisnis, nilai perusahaan sangat penting karena dapat memengaruhi persepsi investor tentang tingkat kesuksesan perusahaan yang diukur melalui harga sahamnya. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari  Firm Size, Sales Growth, dan Return On Equity (ROE) terhadap Firm Value pada perusahaan manufaktur yang tercatat di BEI tahun 2017-2019. Perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia merupakan populasi pada penelitian ini, sedangkan sampel yang dipakai pada penelitian ini yaitu sebanyak 43 perusahaan manufaktur. Metode analisa yang dipakai pada penelitian ini yaitu regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial Firm Size dan Sales Growth tidak memberi pengaruh yang signifikan pada Firm Value. Return On Equity (ROE) memberi pengaruh yang signifikan pada Firm Value.

Published

2021-07-01

Issue

Section

Articles