ANALISIS PENGARUH KOMPETENSI PROFESIONAL DOSEN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA AKADEMI SEKRETARI BUDI LUHUR PADA MASA PANDEMIK / COVID-19 (STUDI EMPIRIS: PERKULIAHAN KORESPONDENSI BAHASA INDONESIA SEM20)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31959/jm.v9i2.532

Keywords:

Kompetensi profesional dosen, fasilitas belajar, dan prestasi belajar

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur yang mengikuti perkuliahan korespondensi bahasa Indonesia. Purposive sampling dan sebanyak responden 46. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependet dengan Fhitung 9,135> Ftabel 3,214 dengan tingkat signifikansi 0f 0,000 ≤ 0,04.Dan Beroperasi parsial variabel Kompetensi dosen (X1) berpengaruh positif Dan signifikan Terhadap Prestasi belajar mahasiswa DENGAN thitung 3361> t tabel 1.680, DENGAN taraf signifikansi 0,002 ≤ 0,05. Sedangkan variabel fasilitas belajar (X2) tidak berpengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa dengan thitung -2,205 <ttabel 2,020, dengan taraf signifikansi 0,033 <0,05.

 

 

Author Biography

Iis Torisa Utami, Universitas & Akademi Sekretari Budi Luhur

Dosen Akademi Sekretari Budi Luhur

References

Cynthia, L. C., Martono, T., & Indriayu, M. (2015). Pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IIS di SMA Negeri 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.

Herlianto, J. I., Suwatno, S., & Herlina, H. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kearsipan SMk Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Ciamis. Jurnal MANAJERIAL. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9762

Imron, Muhamammad. (2019). “Pengaruh Kompetensi Guru & Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX di NTS Al-Husna Lebak Bulus Jakarta Selatan”. Fakultas Agama Islam. Universitas Muhammadiyah Jakarta. Diakses tanggal 28 September 2018. http://repository.umj.ac.id/bitstream/123456789/1001/1/SKRIPSI%20LENGKAP.pdf

Irianto. (2015). Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian, dan Sosial Yang Dimiliki Dosen terhadap Hasil Belajar Mahasiswa, (Studi Empiris: pada STIE AMM Mataram). “Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan, Vol 11 No 1 Maret 2015. P-ISSN 0216-9843, e-ISSN 2580-5614. http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/issue/view/18 . Tanggal akses 16 Februari 2017.

Isnaini, M., Wardani, D. K., & Noviani, L. (2015). Pengaruh Kompetensi Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Kepuasan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UNS. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi,. Vol.1 No 2 (2015). DOI: https://doi.org/10.20961/bise.v1i2.17968 https://jurnal.uns.ac.id/bise/article/view/17968.

Istiqamah, F. (2019). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sman 5 Gowa. Duke Law Journal. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Jajang Hermawan. (2017). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Pengelolaan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Pada SMP di Gugus 3 Kabupaten Bandung). Administrasi Pendidikan : Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pasca sarjana.vol 5 no 1. ISBN.9783540773405.

https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/adpen/issue/view/38.

Nento, S. (2018). Analisis Kompetensi Profesional dan Kinerja Dosen. Jurnal Ilmiah Iqra’. https://doi.org/10.30984/jii.v6i1.619

Siregar, Syofian. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Cet.3. Jakarta. Prenada Media Group. ISBN.978-602-9413.70-0

Downloads

Published

2021-02-28